Tulisan yg ini, gw salin bersih aja dari blog-nya pak Paulus When coz klo dilihat2 lg, isinya penting jg…..

Ini dia salinannya:
Paulus When, ringkasan dari berbagai sumber.
Sementara sebagian besar dari kita tau nasehat “perbanyak minum air putih”, yg seharusnya bisa membersihkan pencernaan, mengencerkan darah, dll, sebagian lagi dari kita juga tau nasehat ini: “semua yg terlalu itu tidak baik”.


Ada pesan berantai (spam) lewat imel yg menyarankan minum 6 gelas air putih begitu bangun tidur. Ini sudah terbukti berbahaya krn pada waktu tidur lambung mengecil (istirahat, relax, atropi), dan bisa luka kalau dipaksa melar menampung air putih (atau apapun) sebanyak itu, secepat itu.
Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi, pusing, darah menjadi terlalu kental, dst. Butuh waktu lama utk pingsan dan akhirnya meninggal di padang gurun krn kurang air putih.
Tapi sebaliknya, terlalu banyak air putih apalagi pada waktu kecapekan (misal pada waktu olahraga atau fitness), dapat membunuh hanya dalam 1-2 jam. Kenapa? Krn pada waktu tubuh BEKERJA KERAS, kinerja ginjal berkurang. Air putih yg terus diminum tidak banyak yg keluar dari ginjal, jadi terus ditambahkan dalam darah. Darah menjadi terlalu encer dan kandungan Sodium turun drastis. Selain itu otak menggelembung krn tekanan darah naik, tapi tidak cukup tempat krn dibatasi oleh tengkorak (skull), sehingga terjadi kerusakan pada banyak bagian, bisa termasuk bagian syaraf, pernafasan, dll. Kerusakan otak krn tekanan darah yg terlalu tinggi ini kita kenal dgn nama beken: STROKE.
Jadi sekarang kita tau, bahwa apa yg kolesterol lakukan selama berhari2 berturut2 utk memicu STROKE, dapat dgn mudah dilakukan air putih dalam 1 jam.
Tentang kolesterol, supaya kolesterol tidak menumpuk perlu diselingi antara makanan ber-kolesterol (daging) dan serat (sayur). Sedangkan tentang air putih, minumlah sewajarnya, 2-3 liter sehari masih dalam batas aman. Kurang dari itu tidak aman, tapi lebih sampai beberapa kali lipat juga tidak aman. Ada yg bilang, kalo kamu minum air putih 50 liter sejam kamu pasti sedang tenggelam.

My comment:

Intinya, semua yg berlebihan tu tidak baik. (semua yang kekurangan tu jg ga baik).

About these ads