Teknologi Informasi (TI atau IT, singkatan inggris-nya dari Information and Technology) akhir-akhir ini makin marak kita dengar di mana-mana. Setiap perusahaan besar, hampir pasti mempunyai SDM IT dalam menjalankan motif ekonominya. Bahkan, dalam UKM,baik itu Usaha Kecil dan Menengah ataupun Unit Kegiatan Mahasiswa beberapa pasti mempunyai divisi IT.

Ketika saya menanyakan kepada beberapa orang tentang deskripsi dari IT, kebanyakan dari mereka menjawab, “IT itu ya yang berhubungan sama komputer, bikin web, programming, pokoknya yang berbau-bau komputer dan seluk beluk njelimet-nya lah“. Jika jawabannya begitu,lalu apa bedanya IT resource dengan teknisi komputer? programmer? dan graphic designer? Memang, IT dan beberapa profesi-profesi tersebut ada sedikit tugas yang bisa ditumpang-tindihkan di antara mereka. Namun,sekali lagi, jika IT itu berbeda dgn profesi2 tersebut, lantas apakah sebenarnya IT itu (arti asal kata IT?)

Saya pun pada awalnya bingung mendeskripsikan IT itu, namun beberapa minggu yang lalu, melalui seseorang yang kompeten di bidang IT berbagi ilmunya dengan saya dan kawan2 seperjuangan. Setidaknya, saya mendapatkan 1 versi jawaban yg bisa diterima tentang deskripsi IT. Menurut beliau, IT adalah suatu pemanfaatan teknologi yang ada untuk mengolah data/informasi sehingga informasi/data tersebut lebih bernilai guna. Pengertian yang sederhana tapi sangat luas sekali maknanya (dan mengena kpd IT itu sendiri tentunya..). Maksud data bisa lebih bernilai guna, contohnya, bila sebelum mnggunakan IT, data dpt tersaji dlm 3 hari,stlah dgn IT dpt tersaji kurang dari 3 jam, tentu akan lebih bernilai guna. Begitu pula dgn contoh2 sejenis lainnya (cari coba contoh lainnya..) .

IT sendiri sekarang erat dengan komputer sehingga sampai-sampai timbul slentingan orang2 klo IT dan ilmu komputer itu sama (mirip atau hampir mirip). Itu jg salah kaprah. IT menjalankan fungsinya dgn bantuan media komputer. Mengapa sering dgn media komputer? Hal ini karena komputer saat ini adalah media yg paling efektifdan efisien dalam mengolah data. Klo ada yg lebih efisien drpada komputer,pastinya orang2 IT akan beralih ke alat tsb. Lantas, apa contoh IT yg tidak menggunakan komputer secara langsung utk mendayagunakan data? BANYAK, contoh: media telepon, alat navigasi pd wktu qt k gunung (repot kan klo bw2 komputer), dll (coba cari lagi..)

Oleh karena sifat dari IT yang umum tersebut, maka wajar klo IT dipakai hampir di semua bidang yg membutuhkan pengolahan data yg akurat dan baik. IT bisa dipakai dalam dunia ekonomi, broadcasting, telekomunikasi, jasa, dll. Ibarat ilmu matematika, dia bs dimanfaatkan utk aplikasi fisika, ekonomi, statistika, sosial, geografi, dll. Begitupun IT, bs dianalogikan sebagai “ilmu dasar” sperti matematika. yg namanya ilmu dasar, ga akan berdayaguna klo qt g nerapin scr pas aplikasinya..

-ANP-
Creative and Productive Writer (CEPRET co.)