Pagi berangkat ke kantor. Sore pulang ke rumah. hal itulah yang pekerja kantor lakukan selama hampir seminggu oenuh. Apalagi jika setiap hari menghadapi rutinitas kantor yang melelahkan. Akhirnya rasa stres pun lama-kelamaan akan muncul. Berikut ini adalah beberapa kiat agar stres dapat diatasi dengan tepat :

Pertama, jika mulai terasa stres, sebaiknya Anda lakukan sedikit peregangan tubuh. Sesibuk-sibuknya Anda, jangan biarkan tubuh kelelahan akibat terlalu banyak duduk dan berpikir. Saat merasa lelah, lakukan peregangan tubuh dengan melakukan stretching ringan di tempat.
caranya, regangkan kedua tangan atau gerakkan kepala Anda ke kiri dan kanan. Lalu, kira-kira setiap dua jam sekali, hirup udara yang lebih segar.

Kedua, manfaatkan waktu istirahat makan siang. Setelah setengah hari bekerja, tentu Anda merasa suntuk dan lapar. Tanpa disadari, rasa lapar dapat memicu tingkat stres seseorang. Pulihkan kondisi Anda pada jam istirahat, sembari menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan atau sahabat Anda di kantor.
Bicarakan hal-hal yang ringan dan dengarkanlah cerita-cerita humor dari mereka. Bersantai sejenak seperti ini terbukti ampuh untuk mengembalikan kesegaran pikiran Anda. Jangan lupa sebaiknya Anda tidak membahsa masalah pekerjaan ketika makan siang agar stres Anda tidak muncul kembali.

Ketiga, manfaatkan waktu libur untuk melenyapkan segala beban pekerjaan di kantor. berolahraga, memasak, bekebun ataupun tidur merupakan beberapa cara untuk mengisi waktu libur Anda.
Jangan gunakan waktu libur Anda untuk hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Nikmatilah waktu libur Anda sebelum menyambut kembali hari-hari sibuk di kantor.

Keempat, bagi banyak orang, musik terbukti ampuh untuk mengatasi stres. Jika Anda termasuk salah satu penikmat musik, dengarkanlah musik dari komputer Anda. Pilihlah lagu yang sesuai dengan selera Anda. Sambil bekerja, Anda pun dapat sambil bersenandung, selama suaara Anda tidak mengganggu rekan kerja Anda yang lain.

Kelima, usahakan untuk selalu berpikir positif. Terkadang rasa stres itu dapat berasal dari pikiran negatif Anda sendiri. Cobalah berpikir segala sesuatu dengan positif agar Anda terhindar dari stres. Lagipula, jika Anda bisa menghindari stres, hidup Anda akan terasa lebih indah dan damai bukan? [INO]

Sumber : Rubrik KARIER | Kantor, KOMPAS Minggu 24 April 2011.