Di dunia binatang, banyak yang bisa melompat, mulai dari serangga terkecil sampai binatang menyusui yang tubuhnya sangat besar.Puma atau harimau gunung dapat melompat sampai sejauh 6 meter dari tempat berdirinya. Ini rekor terjauh dari binatang mamalia.

Jika Anda mengukur jarak lompatan berdasarkan kelipatan panjang tubuh, pemenangnya adalah lalat. Lalat dapat melompat sejauh 220 kali dari panjang tubuhnya. sebagai perbandingan, rekor terjauh lompatan manusia diciptakan pelompat jauh asal AS, Mike powell, yaitu 8,95 meter, pada tahun 2991. namun lompatan ini tidak sampai lima kali panjang tubuh Powell.

kalaulah manusia tidak terlalu trengginas dalam melompat– lompatan tertinggi para pemain profesional bola basket hanya 28 inchi — ternyata ada sosok mamalia yang sama sekali tidak dapat melompat, yaitu gajah!

Gajah tidak dapat melompat karena struktur tulang di kakinya. bik telapak kaki maupun pergelangannya tidak memiliki kelenturan seperti mamalia lainnya yang bisa melompat. Gajah harus menempatkan minimal satu kaki di tanah. Itu sebabnya, gerakan mereka terlihat lucu ketika berjalan.

Paus pun dapat melompat tetapi lompatannya disebut “breaching”, melompat keluar dari air dan sedikit berguling ke satu sisi tubuhnya. adapun paus pembunuh dan lumba-lumba dapat mengangkat seluruh tubuhnya keluar dari air.

Sumber: Rubrik GEOWEEK , KOMPAS Minggu 24 April 2011.