Kemampuan multitasking atau mengerjakan beberapa hal sekaligus memang patut dimiliki karyawan masa kini. Jika tak bisa melakukannya, bisa-bisa Anda akan kewalahan sendiri ketika menyelesaikan tugas. Berikut dalah beberapa kiat yang dapat dilirik:

Pertama, perkirakanlah berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas. Selain itu, aturlah kapan waktu Anda memulai tugas tersebut. Dengan kedua hal ini, Anda akan bersikap realistis terhadap rencana dan tugas-tugas. Jangan lupa, Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan Anda dan tim dalam menyelesaikan tugas tersebut.

Kedua, jangan terlalu terpaku pada lama waktu yang Anda rencanakan untuk mengerjakan suatu tugas. jika Anda merencanakan untuk menyelesaikan tugas dalam waktu dua jam, misalny, maka jangan terpaku untuk menyelesaikannya dalam waktu tersebut. akan lebih baik jika Anda berusaha menyelesaikannya dalam waktu yang lebih cepat. Dengan demikian Anda dapat segera beralih ke tugas yang berikutnya.

Ketiga, kerjakanlah tugas Anda sesuai dengan prioritas. jika tugas Anda cukup banyak, susunlah tugaws tersebut sesuai dengan skala prioritas. Bisa dimulai dari yang tersulit hingga yang tyermudah ataupun sebaliknya. jangan lupa, kerjakanlah tugas tersebut dengan irama yang pas, tidak terlalu lambat atau cepat.

Keempat, kerjakanlah tugas Anda dengan disiplin yang ketat dan tepat. Kerjakanlah tugas sesuai dengan skala prioritasnya. usahakan agar Anda tidak tergoda untuk melakukan hal-hal yang kecil, seperti bermain game ketika sedang sibuk. namun, setelah tugas selesai, segeralah beristirahat dengan bermain game atau pergi ke luar ruangan menghirup udara segar.

Kelima, salah satu hal yang terpenting dalam mengatur waktu adalah dengan bersikap efisien. Hal ini sama dengan bersikap mudah dan berpikir praktis. Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk berpikir rumit tentang bagaimana cara menyelesaikan tugas. Intinya, jika suatu tugas dapat dibuat sederhana, mengapa harus dibuat sulit. Dengan bersikap efisien, tugas akan lebih mudah diselesaikan dan Anda akan mendapatkan lebih banyak waktu lagi untuk menyelesaikan tugas berikutnya. [INO]

Sumber KARIR | Waktu , Koran KOMPAS (lupa tanggalnya😀 )