Komponen pengapian kadang kurang diperhatikan oleh pengguna mobil. Padahal, komponen ini berhubungan erat dengan kinerja pembakaran mesin. Jika kondisinya kurang baik dan bermasalah, tenaga mesin dapat menurun. Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan agar komponen pengapian tetap tampil oke:

1. Hindari rembesan oli
karat atau bahkanhingga korsleting tentu menjadi hal yang ingin Anda hindari. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjaga mesin terutama komponen pengapian dari risiko terkena rembesan atau kebocoran oli. Hati-hati kadang oli bisa mesuk ke sela-sela kepala silinder karena pakingnya bocor. Apalagi jika terkena busi, wah, bisa-bisa terjadi korsleting.

2. Perhatikan sambungan koil
Jika mesin terasa pincang atau mungkin timbul loncatan bunga api, coba Anda periksa bagian sambungan koil. Mungkin bagian ini longgar. Sebab, pada pengapian langsung (direct ignition), sambungan antara koil dan busi berpotensi kotor atau longgar. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membersihkan dan mengencangkan kembali agar arus listrik kembali lancar.

3. Hati-hati genangan air
pada musim penghujan seperti sekarang ini, mau tak mau mobil dipaksa menerobos genangan air. Tak jarang pula genangan air yang tinggi membuat mesin terendam. Hati-hati, kondisi ini dapat mengakibatkan masuknya air ke dalam ruang mesin.
Ketika hal ini terjadi, otomatis komponen pengapian seperti kabel dan soketnya terendam. Untuk menghindari hal tersebut, usahakan Anda tak melewati genangan air yang ketinggiannya melewati setengah meter roda. Jika harus terpaksa melewatinya, sebaiknya Anda menjalankan mobil dengan kecepatan rendah.

4. Perhatikan kondisi kabel dan soketnya
Kondisi soket yang kotor atau longgar tentu akan mengganggu kinerja pengapian. Apalagi untuk sistem pengapian tidak langsung (indirect ignition) yang melibatkan banyak kabel yang terhubung dengan soketnya, mulai dari kabel busi, kabel distributor dan lainnya.
Selain itu, Anda pun sebaiknya memerhatikan lapisan kabel yang terkelupas atau sobek. sebab, hal ini dapat berpotensi mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek (korsleting). [*/INO]

Sumber: OTOMOTIF | Pengapian, Koran KOMPAS (lupa tanggal terbitnya😀 )